Untuk menyongsong adiwiyata tingkat provinsi, SMP Negeri 1 Babat telah melakukan berbagai kegiatan. Diantaranya, pertama, kerja sama dengan dinas pendidikan Kabupaten Lamongan dan Kecamatan Babat berupa bantuan sejumlah pohon. Kedua, kerja sama dilakukan dengan pengusaha tanaman hidroponik untuk memberikan penyuluhan tentang bertanam hidroponik yang berkaitan dengan green house di sekolah. Ketiga, dengan peternak ikan lele, guna memanfaatjan lahan kosong di lingkungan sekolah untuk membudidayakan ikan lele. Hasilnya akan diolah menjadi beberapa produk unggulan sekolah. Kegiatan lainnya adalah pembuatan dan penanaman biopori di sejumlah titik yang sering terendam air ketika hujan terus.

Perkembangan teknologi semakin bertambah cepat setiap tahunnya. Hal ini akan berdampak dalam berbagai bidang. Salah satunya adalah pendidikan. SMP Negeri 1 Babat tidak ingin ketinggalan zaman dalam bidang pendidikan. Salah satu upaya SMPN 1 Babat adalah mengadakan sebuah workshop dengan tema elearning yang membahas pengadaan sistem elearning di SMPN 1 Babat.

Dengan terwujudnya sekolah adiwiyata, sekolah akan menjadi tempat menimba ilmu yang kondisuf bagi seluruh siswa. SMPN 1 Babat berupaya untuk mewujudkan itu. SMPN 1 Babat sekarang telah mengajukan adiwiyata sekolah tingkat provinsi, dengan harapan dapat menjadi sekolah adiwiyata tingkat nasional. Salah satu upaya yang dilakukan SMPN 1 Babat adalah dengan mengadakan sebuah workshop adiwiyata.

Mutu sekolahan sangatlah penting. Untuk meningkatkan mutu dari SMP Negeri 1 Babat, diadakanlah acara sosialisasi, evaluasi, dan sistem penjamin mutu di SMPN 1 Babat.

Kegiatan ini diharidi oleh beberapa sekolah lain, yaitu :